Home - Daftar Isi - Rate Card - Bisnis Online - Aneka Tips - Artikel Traveling

Teori Dasar Action Script 2.0

HOT TOPICS:
.
.
loading...
Babang Flash - Teori Dasar Action Script 2.0 - Selamat datang di babangflash, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan beberapa teori atau pengertian dari beberapa unsur-unsur Action Script 2.0, yaitu Syntax, Statement, dan Expressions. karena didalam penulisan script didalam flash, kita dibutuhkan pengetahuan sedikit tentang apa itu syntax, statement dan expressions.
Baiklah, perhatikan penjelasan dibawah ini.
Tutorial Kode Script..Script terdiri atas kelas built-in yang membentuk bahasa Action Script..kode tersebut tercompile / tersusun dan berjalan dengan benar di Flash..

Bahasa Action Script terdiri atas kelas built-in yang membentuk bahasa Action Script, Anda perlu menggunakan sintaks Action Script yang benar untuk membentuk statement sehingga kode tersebut tercompile / tersusun dan berjalan dengan benar di Flash. Pada kasus ini, sintaks harus mengacu untuk sesuai pada tata bahasa dan ejaan dari bahasa yang Anda program, karena kode yang tercompile tidak dapat membetulkan kesalahan sintaks dengan sendirinya, sehingga anda akan melihat kesalahan atau peringatan yang ditampilkan di panel output ketika anda mencoba untuk menguji dokumen yang anda tuliskan di script pane.

Oleh karena itu, pengertian sintaks pada flash adalah sekumpulan aturan dan pedoman yang membantu anda dalam penulisan Action Script yang benar.

Apa itu Statement ?
Statement adalah sebuah instruksi yang anda berikan / tuju terhadap file FLA untuk melakukan sesuatu atau memerintahkan sesuatu, sebagai contoh anda bisa menggunakan conditional statement untuk menguji kebenaran atau bisa dibilang untuk menentukan apakah something true or exist ? .
Dengan demikian anda dapat menentukan perintah ( Action Script ) atau tindakan yang sesuai dengan kemauan anda sendiri. Seperi functions atau expresions, semuanya berdasarkan "apakah kondisi ini benar atau tidak?". perhatikan contoh script dibawah ini.
// if statement 
if (condition) { 
// statements; 
}

Bagaimana dengan Expressions ?
Expressions berbeda dengan statement, karena expressions merupakan kombinasi sah symbol Action script dalam mewakili nilai / value. oleh sebab itu expressions memiliki nilai dan sebuah expressions dapat terdiri atas operator dan operands, nilai-nilai, function, dan alur prosedur, sehingga expressions mengikuti alur dalam menghubungkan keutamaan aturan Action script.
demikian, flash player dapat menginterpretasikan expressions dan kemudian mengembalikan nilai yang dapat anda gunakan dalam aplikasi anda. sebagai contoh, perhatikan code expressions ini.
x + 2 }
Pada expressions diatas, dapat diketahui bahwa x dan 2 merupakan sebagai operands, sedangkan + sebagai operator.
Perlu diingat, bahwa dengan cara anda memformat Action Script pada script pane, akan menentukan seberapa maintainable struktur kode anda, sebagai contoh, bahwa sulit untuk membaca logika file FLA jika tidak mengandung indentasi dan comment / komentar atau berisi format yang tidak konsisten.

Ketika anda membuat indentasi block Action script ( seperti loop dan if statement ) kode akan lebih mudah dbaca dan di debug jika menemui masalah pada kode.

Sekian penjelasan tentang action script dalam pengertian syntax, statement dan expressions dalam flash, untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca sendiri, di panel Help Flash 8. karena pada panel help tersebut sangat lengkap dalam hal tutorial flash maupun action script.

Kurang dan lebihnya saya minta maaf.
Semoga Bermanfaat Terima Kasih.

Masukkan Email Untuk Berlangganan Artikel Secara Gratis:

Delivered by FeedBurner

0 Komentar Untuk "Teori Dasar Action Script 2.0"

Poskan Komentar

Semua Komentar Yang Masuk Akan Melewati Proses Moderasi / Saringan.
So.. Berkomentarlah dengan Cerdas !!!
Terima Kasih

Regards: babangflash™
(Rules Update: Rabu, 17 Agustus 2016)